Soal Ketupat & Kemenangan Umat Islam


ketupat2

KOTA KUPANG, KOMODONEWS.info- Ketupat itu sudah kita kenal sejak dulu terutama populer disaat Hari Raya Idul Fitri. Ketupat adalah sejenis makanan yang terbuat dari nasi dan dibungkus dengan daun kelapa muda atau dikenal juga dengan nama janur.

Umumnya ketupat identik sebagai hidangan spesial lebaran, tradisi ketupat ini diperkirakan sudah ada saat Islam masuk ke tanah Jawa.

Melansir belajar-coreldraw.blogspot.com, dalam sejarah, tradisi ketupan atau di jawa biasa di sebut “Rioyo Kupat” dimulai seminggu setelah Lebaran. Pada hari tersebut di tanah Jawa hampir setiap rumah memasak ketupat. Setelah selesai dimasak, ketupat tersebut diantarkan ke tetangga dekat dan kerabat yang lebih tua, sebagai sebuah lambang kebersamaan.

Ketupat sendiri menurut para ahli memiliki beberapa arti, diantaranya adalah:

1. Mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat;
2. Mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah dua;
3. Mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat. Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri. (VJB)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Soal Ketupat & Kemenangan Umat Islam

log in

reset password

Back to
log in