Komodonews, komodo news, berita komodo

Pemkab Kotawaringin Timur gelar tradisi Mandi Safar


Foto : prokal.co
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO : Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, akan kembali menggelar tradisi “Mandi Safar” di Sungai Mentaya Sampit pada 30 November nanti.

“Mandi Safar merupakan salah satu event yang masuk dalam kalender pariwisata Kotawaringin Timur. Kami menyiapkan berbagai rangkaian agar acara ini nanti lebih meriah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur (Kotim) Fajrurrahman di Sampit, Kamis (6/10).

Mandi Safar adalah tradisi masyarakat bersama-sama mandi di sungai sebagai simbol, dan sekaligus harapan membersihkan diri dari hal-hal yang tidak baik. Tradisi yang kini dikemas menjadi agenda pariwisata daerah itu biasanya dilaksanakan pada Rabu terakhir di bulan Safar.

Kegiatan ini biasanya dipusatkan di Dermaga Habaring Hurung. Namun, masyarakat di lokasi lainnya juga banyak melaksanakan tradisi ini. Tradisi akan dipimpin tokoh adat dan didahului dengan doa bersama.

“Agenda ini kami sampaikan lebih awal dengan harapan makin banyak wisatawan yang datang. Kami juga meminta dukungan biro-biro perjalanan untuk mempromosikan event ini secara luas di luar daerah,” harap Fajrurrahman.

Selain Mandi Safar, event yang dikemas menjadi event pariwisata adalah tiwah. Event itu merupakan ritual umat Hindu Kaharingan yakni pembersihan tulang para leluhur untuk disimpan ke tempat khusus bernama sandung. Ritual ini sebagai bentuk bakti terhadap orangtua dan para leluhur.

Komodonews, komodo news, berita komodo

Pemkab Kotawaringin Timur gelar tradisi Mandi Safar

1 / 2Next

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo