Komodonews, komodo news, berita komodo

Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013


Foto : Felik Hatam/komodonews.info
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO : Program Studi pendidikan guru sekolah Dasar (PGSD) STKIP Santo Paulus Ruteng menyelenggarakan seminar tingkat program studi dengan tema “Pembelajaran Tematik Dalam Kurikulum 2013”.

Peserta dalam seminar rutin program studi tersebut adalah mahasiswa tingkat III STKIP Santo Paulus Ruteng. Seminar ilimiah adalah kegiatan rutin program Studi PGSD STKIP Santo Paulus Ruteng.

Marselinus Robe sebagai pemateri pertama mempresentasikan materinya dengan judul “Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013”.

Dalam pemaparannya ia mengatakan, mengasentualisasikan peran guru dalam penyajian materi berdasarkan tema atau pokok pembelajaran yang diangkat, tema menjadi acuan dalam pembelajaran. Beberapa mata pelajaran diajarkan secara terpadu karena memiliki korelasi materi.

Lebih lanjut Marsel mengatakan, materi pembelajaran termatik berisi tema-tema kontekstual, sebab tema-tema tersebut seputar kehidupan keseharian peserta didik. Misal, Tema Kelas 1 SD tentang Diriku; Kegemaranku; Kegiatanku; Keluargaku; Pengalamanku, Lingkungan bersih, sehat, dan asri; Benda, hewan, dan tanaman di sekitarku; Peristiwa alam. Tema kelas 2 SD tentang Hidup Rukun; Bermain di Lingkunganku; Tugasku sehari-hari, dan lain-lain, Lanjut Marsel. Contoh lain adalah materi tematik kelas 2 Sekolah Dasar, tema 6: Air, Bumi, dan Matahari. Subtema 1: Air. Subtema “Air” menyatukan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Air dapat digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik (materi IPA). Listrik dimanfaatkan masyarakat untuk penerangan (materi IPS). Materi IPA dan IPS tidak dijelaskan secara tersendiri.

Kalau pemetari pertama lebih pada teknis dan konsep pelaksanaan K13, sementara pemateri kedua lebih pada implementasinya pada peembelajaran.

Pemateri Kedua Stefanuh Divas mempresentasikan materinya dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal (Dengan Pendekatan Saintifik)”. Pemilihan judul itu, berdasarkan hasil analisisnya pada buku guru & siswa, yang menemukan dua persoalan pokok, yakni (1) bahan ajar tematik berbasis budaya lokal belum tersedia sementara tagihan tema mengharuskan guru menyajikan materi sesuai dengan kebutuhan di daerah tempat tinggalnya, (2) tidak semu guru belum memiliki pengetahuan dalam mengembangkan bahan ajar sendiri selain yang dikembangkan oleh kemendikbud.

Komodonews, komodo news, berita komodo

Pembelajaran Tematik dalam Kurikulum 2013

1 / 2Next

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo