Komodonews, komodo news, berita komodo

Macron Prihatin Trump Dukung Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel


Emmanuel Macron (Foto: Getty Images)
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO : Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan menyampaikan keprihatinan soal kemungkinan penunjukan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

“Presiden Prancis telah menyampaikan keprihatinannya atas kemungkinan Amerika Serikat secara sepihak menunjuk Yerusalem sebagai ibu kota negara Israel,” demikian statemen istana kepresiden Elysee seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (5/12/2017).

Diimbuhkan bahwa keputusan tersebut harus dicapai dalam kerangka negosiasi antara Israel dan Palestina, yang khususnya ditujukan untuk pembentukan dua negara, Israel dan Palestina yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan.

Hal tersebut disampaikan Elysee usai percakapan telepon antara Macron dan Trump guna membahas isu pengakuan AS soal Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Gerakan Islamis Palestina, Hamas yang menguasai wilayah Gaza, telah menyerukan adanya perlawanan, jika Washington mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel ataupun memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke kota suci itu.

Presiden AS Donald Trump akan segera memutuskan mengenai pemindahan kedutaan AS ke Yerusalem. Pejabat-pejabat AS mengatakan, langkah tersebut kemungkinan tidak akan diambil saat ini, namun Trump kemungkinan bakal menyampaikan pidato pekan ini mengenai pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Status Yerusalem selama ini merupakan isu kunci dalam konflik Israel-Palestina. Baik Israel maupun Palestina sama-sama mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota negara mereka nantinya.

Komodonews, komodo news, berita komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Macron Prihatin Trump Dukung Yerusalem Jadi Ibu Kota Israel

1 / 2Next

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo