Lulusan Sarjana di NTT Tempati Urutan Teratas Tingkat Pengangguran Terbuka


Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia. (foto: ambuga/komodonews.info)

 

KOMODONEWS.INFO – Secara umum, tingkat pendidikan seseorang bisa mencerminkan kualitas pekerjaanya.

Hal ini berkaitan dengan spesifikasi pekerjaan yang dipelajari dan akan dikerjakan. Namun tidak semua angkatan kerja lulusan sarjana mempunyai pekerjaan sewaktu lulus dari universitasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur ( NTT) pada awal Desember 2017 merilis tingkat pengangguran yang terjadi di NTT.

Rayakan HUT Kota Kupang Ke-22, Walikota Jefri Pimpin Lansung Pawai Budaya

Dalam rilis yang dikeluarkan BPS NTT itu, berdasarkan tingkat pendidikan, lulusan sarjana menempati urutan teratas Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), yakni sebanyak 8,66%.

Sedangkan soal Tingkat Pengangguran Terbuka ialah bagian dari angkatan kerja yang tidak bekerja atau sedang mencari pekerjaan, atau juga orang yang sedang mempersiapkan usaha kerjanya.

Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia mengatakan, urutan kedua TPT berdasarkan tingkat pendidikan ditempati oleh lulusan sekolah kejuruan.

‘Sesuatu Banget’ di Festival Makan Bose, Se’i, dan Lu’at Tahun 2018

 

“Dari tingkat pendidikan, lulusan sarjana menempati urutan teratas dalam TPT, yakni 8,66%. Urutan kedua ditempati oleh lulusan SMA Kejuruan, yakni 8,38%,” katanya kepada komodonews.info di ruang kerjanya, Jumat (9/12/2017).

Maritjje menjelaskan, dari 2,32 juta orang yang bekerja pada Agustus 2017, tingkat pengangguran terendah ditempati oleh pekerja dengan tingkat pendidikan di bawah atau setara dengan Sekolah Dasar (SD).

“Pengangguran terendah ditempati oleh pekerja dengan tingkat pendidikan di bawah atau setara dengan SD yakni sebesar 1,10%. Ini diikuti oleh pekerja dengan tingkat pendidikan setara SMP yakni 2,25%,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lulusan Sarjana di NTT Tempati Urutan Teratas Tingkat Pengangguran Terbuka

1 / 3Next

log in

reset password

Back to
log in