KPK OTT Marianus Sae, KPU NTT Belum Ada Sikap


Tanti Adoe. (foto: akun fb tanti adoe)

 

 

KOMODONEWS.INFO – Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap salah satu bakal calon gubernur NTT Marianus Sae belum disikapi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nusa Tenggara Timur.

Marianus ditangkap KPK pada Minggu (11/2/2018).

Kebangkitan Tuhan Semestinya Mendorong Kita Jangan Takut Bicara Tentang Kebenaran

“Kami secara kelembagaan akan menyikapi kalau sudah ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum,” kata Ketua KPU NTT Maryanti Luturmas Adoe ketika dihubungi komodonews.info di Kota Kupang, Minggu (11/2/2018).

Ia diminta tanggapannya terkait penangkapan Bupati Ngada Marianus Sae dalam OTT oleh KPK. Namun, pihak KPK belum juga memberi bukti-bukti terkait dengan tindakan OTT tersebut.

Maryanti mengatakan dalam Peraturan KPU No.3 Tahun 2017 menyebutkan, pergantian bakal calon atau calon dapat dilakukan oleh partai politik atau gabungan parpol atau calon perseorangan, dalam hal dinyatakan tidak memenuhi syarat kesehatan.

Selain itu, berhalangan tetap atau dijatuhi hukuman pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Jadi berdasarkan aturan KPU tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota, kami hanya mengacu pada kekuatan hukum tetap dari pengadilan,” katanya.

KPU NTT pada Senin (12/22018) akan menyelenggarakan pleno terbuka penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTT 2018, dan akan dilanjutkan dengan pleno penarikan undian dan penetapan nomor urut bakal calon pada Selasa (13/2/2018).

Marianus Sae, Bupati Ngada dua periode itu adalah salah satu bakal calon Gubernur NTT periode 2018-2023 yang dicalonkan PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ia berpasangan dengan Emilia Nomleni, salah kader senior PDI Perjuangan NTT dari Kabupaten Timor Tengah Selatan.

 

 

Penulis : Ambuga
Editor   : Athen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

KPK OTT Marianus Sae, KPU NTT Belum Ada Sikap

log in

reset password

Back to
log in