Komodonews, komodo news, berita komodo

Kisah mempromosikan keindahan alam bawah laut Indonesia di Las Vegas

Foto: Kompas.com
Foto: Kompas.com
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO : Ajang bergengsi bagi para pecinta selam dari seluruh dunia, The Diving Equipment and Marketing Association (DEMA) Show kembali digelar di Las Vegas, Amerika Serikat, 16-19 November 2016 lalu. Indonesia sebagai negeri dengan kekayaan alam bawah laut ikut serta dalam ajang tersebut.

Sejumlah delegasi yang terdiri atas para pelaku industri di bidang selam dan pemerintah kabupaten dengan titik-titik selam terbaik di Indonesia dikirim oleh Kementerian Pariwisata ke acara tersebut. Tujuannya untuk menggencarkan promosi keindahan alam bawah laut Indonesia kepada penyelam-penyelam dari negara lain.

“Indonesia dikenal sebagai negara maritim dengan garis pantai terpanjang di dunia. Keikutsertaan kita dalam DEMA Show ini merupakan cara terbaik untuk mempromosikan keindahan bawah laut perairan Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang cukup tinggi terutama di segi wisata selam. Ada sekitar 55 destinasi selam di Indonesia dan lebih dari 1.500 titik selam terbaik yang tersebar mulai dari Aceh hingga Papua.

Total luas terumbu karang di perairan Indonesia juga mencapai 51.000 kilometer persegi. Sementara total luas segitiga terumbu karang dunia (coral triangle) luasnya 75.000 kilometer persegi.

Ini berarti 18 persen dari total luas terumbu karang di dunia disumbang oleh Indonesia. Sebanyak 65 persen dari total luas coral triangle juga disumbang oleh Indonesia. Hampir sepanjang tahun laut Indonesia dapat diselami. Tidak heran Indonesia menjadi surga bagi penyelam dari seluruh dunia.

Share Button

Use Facebook to Comment on this Post

Komodonews, komodo news, berita komodo

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Komodonews, komodo news, berita komodo