Komodonews, komodo news, berita komodo

Kemenpar bidik Danau Rawa Pening jadi Wisata Pendukung Borobudur


Danau Rawa Pening Jadi Wisata Pendukung Borobudur
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO: Setelah menetapkan Candi Borobudur sebagai destinasi prioritas, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus membidik tempat-tempat potensial untuk dijadikan tujuan wisata pendukungnya.

Kali ini danau Rawa Pening di Kabupatem Semarang yang dinilai memenuhi segala aspek.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar, Dadang Rizki Ratman, mengatakan bahwa danau dengan luas lebih dari 2.000 hektare yang terletak di Kabupaten Semarang ini juga bisa menjadi destinasi wisata dunia.

“Untuk bisa menjadi destinasi wisata kelas dunia, Danau Rawa Pening harus bisa menyediakan infrastruktur berstandar global. Kemenpar juga sedang mencari benchmark (pengujian standar) Rawa Pening,” ujar Dadang, Minggu (6/8/2017).

Untuk itu diperlukan strategi 3A, yakni atraksi, akses, dan amenitas. Artinya, apa atraksi berkelas dunia yang bisa ditampilkan, bagaimana akses dan kemudahaannya, serta fasilitas kelas dunia apa yang tersedia.

“Banyak contoh danau di beberapa negara yang meski memiliki luas tidak seberapa, tetapi mampu menjadi wisata dunia. Hal tersebut dikarenakan sejumlah danau di beberapa negara yang mampu menjadi wisata dunia memiliki keindahan, kebersihan, keteraturan, serta atraksi yang mampu mendatangkan wisatawan,” ucap Dadang.

Dia menambahkan, penangangan danau yang terletak di Kabupaten Semarang tersebut perlu dilakukan secara komperehensif dari hulu hingga hilir. Dadang berterima kasih pada pemilik PT Sidomuncul, Irwan Hidayat, yang turut memberdayakan masyarakat dan mengolah enceng gondok menjadi bahan bakar untuk boiler penggerak listrik.

Komodonews, komodo news, berita komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kemenpar bidik Danau Rawa Pening jadi Wisata Pendukung Borobudur

1 / 3Next

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo