Komodonews, komodo news, berita komodo

Gubernur Frans: Kesehatan mengingatkan tekad dan semangat bagi masyarakat

Gubernur NTT Frans Lebu Raya. (Foto: dok. Biro Humas Setda NTT).
Gubernur NTT Frans Lebu Raya. (Foto: dok. Biro Humas Setda NTT).
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO : Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan, menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat kita semua, sehingga bisa lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan.

“Semangat melayani, semangat menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan, harus menjadi konsep pembangunan nasional kita,” kata Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya (Gubernur Frans) dalam peringatan HKN ke-52 bertempat di Lapangan Upacara RST Wirasakti Kupang, Selasa (15/11/2016).

Acara HKN ini berthema: HKN kali ini adalah Indonesia Cinta Sehat, Sub Tema: Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.

Sambutan Gubernur Frans tersebut berisi ajakan-ajakan untuk membangun kembali kepada pesan sehat. Bahwa sehat itu harus dijaga, bisa menjadi gaya hidup sehat dan supaya seluruh masyarakat berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Dengan demikian bisa terbangun kemandirian masyarakat, masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia yang kuat.

“Tantangan kesehatan saat ini adalah indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit inveksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi,” lanjut Gubernur Frans, sambil menekankan pentingnya upaya kesehatan preventif dan promotif.

Disebutkan Gubernur Frans, menurut Global Burden of Disease 2010 dan Health Sector Review 2014, kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular yaitu stroke menduduki peringkat pertama. Trend ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup di masyarakat. Tentunya, hal ini menjadi ancaman bagi produktifitas bangsa kita.

Share Button

Use Facebook to Comment on this Post

Komodonews, komodo news, berita komodo

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

Komodonews, komodo news, berita komodo