Gabriel Suku Kotan Unjuk Sikap soal Marianus Sae Kena OTT KPK


Gabriel Suku Kotan. (foto: ambuga/moral-politik.com)

 

KOMODONEWS.INFO – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap Bupati Ngada Marianus Sae, Minggu (11/2/2018).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) NTT dari Fraksi Demokrat Gabriel Suku Kotan mengaku prihatin atas kasus OTT oleh KPK tersebut.

“Saya prihatin atas kejadian ini. Apalagi dia ditangkap satu hari sebelum penarikan undian nomor urut paket,” katanya kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Minggu (11/2/2018).

Gabriel mengatakan kasus yang menimpah Bupati Ngada ini agak berbeda dengan, misalnya kasus korupsi.

Tuhan Bingung Memilih Pemenang Pilkada NTT 2018

“Masalahnya ini OTT. Ini sungguh disayangkan, dan kita tidak bisa salahkan siapa-siapa. Ini kesalahan Marianus sendiri. Kalau kasus korupsi kan masih ada proses yang cukup panjang untuk tetapkan sebagai tersangka. Tapi ini OTT yang dilakukan KPK,” katanya.

Ia menambahkan, kita hanya bisa menunggu keputusan dari KPK.

“Kita tidak bisa berandai-andai. Jika diterapkan sebagai tersangka pun, kita hanya bisa menunggu keputusan dari KPK. KPK tentu melakukan penyelidikan lebih mendalam, dan memutuskan, karena itu hak veto mereka,” jelasnya.

Kasus tertangkapnya salah satu bakal calon gubernur NTT, Gabriel mengaku pada awalnya terkejut. Dirinya tidak ingin mengatakan bahwa dengan kasus ini, ada pihak-pihak yang bisa mendapatkan keuntungan dalam proses pilkada NTT ke depan.

“Pastinya situasi ini bisa saja menguntungkan pihak lain. Namun secara pribadi, kita harus menghargai Marianus Sae sebagai seorang bakal calon gubernur NTT. Apapun situasinya, dia adalah satu dari empat orang yang berjuang untuk menjadi bakal calon gubernur NTT dalam pilkada kali ini. Kita menghargai itu,” katanya.

Ia juga mengapresiasi tindakan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT yang belum bisa mengeluarkan pernyataan secara kelembagaan karena harus menunggu putusan pengadilan.

“Tentu harus seperti itu. Namun jika KPK tetap menahan Marianus, apakah dalam pilkada ini suatu paket bisa menjalani proses pilkada tanpa calon gubernur? Namun kita menunggu saja putusan KPK,” pungkas dia.

 

 

Penulis : Ambuga
Editor   : Athen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gabriel Suku Kotan Unjuk Sikap soal Marianus Sae Kena OTT KPK

log in

reset password

Back to
log in