Komodonews, komodo news, berita komodo

Festival Budaya rayakan HUT STKIP Santo Paulus Ruteng


Komodonews, komodo news, berita komodo

Di sinilah, katanya, salah satu aspek yang mengaksentualisasikan nilai multikultural sebagai kekayaan yang terus dipertahankan. Selain itu, panitia juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berasal dari luar Manggarai untuk mementaskan tarian adatnya masing-masing.

Salah seorang mahasiswa yang namanya enggan disebutkan mengatakan, kebangaanya atas terselenggaranya kegiatan festival budaya tersebut, saya sanggat bangga dengan kesempatan ini. Dengan kesempatan ini saya dapat mempelajari tarian caci sebagai salah satu kekayaan budaya Manggarai yang harus dipertahankan dan diwariskan.

Selain itu dengan pementasan ini pula kami sebagai generasi yang muda dapat mepelajari nilai-nilai holistik dari setiap yang dipentaskan. Kami berharap agar kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun. Melihat dan mengapresiasi animo mahasiswa terhadap pementasan itu,

Ketua sekolah STKIP Santo Paulus Ruteng Rm. Yohanes Sevatius Boy Lon, MA dalam sambutan akhirnya mengatakan kegiatan ini akan dilaksankan setiap tahun, lebih khusus pada momen dies natalis. Dan hal itu disambut dengan tepukan tangan yang meriah oleh mahasiswa yang memadati lapangan hijau STKIP, termasuk para dosen dan pegawai mengapresiasi komitmen tersebut.

adat

Penanaman nilai-nilai budaya kepadaya setiap generasi menjadi hal sangat urgen ditengah perubahan zaman yang tidak ada batasnya. Karena itu, sangatlah penting keterlibatan lembaga pendidikan, baik SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi untuk terus menghidupkan nilai-nilai budaya. Sehingga pada akhirnya membentuk kecerdasan budaya kepada semua (Skill culture) generasi. Kemajuan diberbagai bidang pengetahuan menuntut lembaga pendidikan untuk terus menjadi wahana pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter.

Pendidikan sebagai lembaga formal adalah rahim yang melahirkan manusia indonesia bermoral, berpengetahuan, berelgius dan berbudaya. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional (Pasal 1 ayat 2, Bab III Pasl 4 ayat 1) menegaskan bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai agama, kebudayaan nasional indonesia dan tanggap terhadap perubahan zaman; dengan demikian pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskirimtif dengan menjujung tinggi hak asasi manusia, nilai keagamaan nilai kultrual dan kemajajemukan bangsa. Artinya tampa ragu dan cemas setiap jenjang pendidikan mempunyai ruang dan tanggungjawab untuk mengembangkan dan mewariskan nilai-nilai budaya lokal melalalui proses pembelajaran. Tentu patut diapresiasi bagi lembaga pendidikan yang telah berusaha dan mengambil peran aktif untuk mewariskan nilai-nilai budaya kepada setiap generasi melalui penerbitan buku muatan lokal, pementasan budaya dan lain sebagainya.

Komodonews, komodo news, berita komodo

Festival Budaya rayakan HUT STKIP Santo Paulus Ruteng

2 / 3Next

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo