Komodonews, komodo news, berita komodo

DPRD Kota Kupang: Pemkot perketat pengawasan PJTKI !


Marthinus J. Medah.
Komodonews, komodo news, berita komodo

KOMODONEWS.INFO: Maraknya kasus perdagangan orang (Human Trafficking) menohok Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang unjuk keprihatinan.

Wakil Ketua DPRD Kota Kupang Marthinus J. Medah kepada komodonews.info, di ruang kerjanya, Kota Kupang, Jumat (16/6/2017) menuturkan bahwa pemerintah Kota Kupang, dalam hal ini Dinas Nakertrans Kota Kupang harus lebih perketat pengawasan terhadap Perusahan Jasa Penyaluran Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) yang ada di Kota Kupang.

Menurut Medah, perlu adanya pengawasan terhadap PJTKI atau Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia swasta (PPTKIS) sebagai suatu upaya dalam mangatasi masalah human trafficking dan TKI ilegal di Kota Kupang.

“Perketat pengawasan ini sangatlah perlu dilakukan pemerintah bagi PJTKI yang ada di Kota ini. Karena human trafficking dan TKI ilegal sangat merugikan, terutama bagi TKI itu sendiri serta keluarganya,” kata Medah.

Medah mengaku, perekrutan yang dilakukan oleh PJTKI ini adalah manusia bukan barang, jadi tentunya orang yang direkrut itu perlu mendapat pelatihan secara baik baru dikirim.

Selain itu kata dia, tenaga kerja yang direkrut harus sesuai umur, jangan anak di bawah umur juga direkrut dengan memalsukan dokumen mereka.

“Untuk itu hal-hal seperti ini yang perlu dilihat oleh pemerintah guna melakukan pengawasan terhadap perekrutan yang dilakukan oleh PJTKI,” tambahnya.

 

Penulis: Nyongki

Komodonews, komodo news, berita komodo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DPRD Kota Kupang: Pemkot perketat pengawasan PJTKI !

log in

reset password

Back to
log in
Komodonews, komodo news, berita komodo